Wednesday, October 21, 2015

Wisata Air Terjun Coban Canggu di Mojokerto

Air Terjun Coban Canggu, Mojokerto. Assalamualaikum trip-er, Mari NGEtrip ke Mojokerto kali ini. Ya ini kali pertama Mari NGEtrip membahas tempat wisata yang ada di Mojokerto. Di Kota Mojokerto ada suatu daerah yang terkenal akan tempat wisatanya yang berada di Kecamatan Pacet. Dan yang paling terkenal di Pacet adalah Pemandian Air Panas Pacet. Namun yang akan kita bahas kali ini bukan tentang pemandian air panasnya, tapi Air Terjun Coban Canggu.

Foto By : Deni

Air Terjun Coba Canggu terletak tidak jauh dari lokasi wisata Pemandian Air Panas Pacet, tepatnya lokasi Air Terjun Coban Canggu berada di daerah Padusan Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Rute untuk menuju lokasi Air Terjun Coban Canggu ada beberapa pilihan. Jika ditempuh dari Mojokerto kita bisa lewat rute Mojokerto – Pacet dengan jarak tempuh 30 kilometer, atau bisa lewat rute Mojokerto – Mojosari – Pacet yang berjarak sekitar 40 kilometer. Jika dari arah  Surabaya untuk menuju lokasi Air Terjun Coban Canggu bisa lewat rute Krian – Mojosari – Pacet, atau lewat rute Sidoarjo – Gempol – Mojosari – Pacet. Kedua rute ini berjarak sekitar 60 kilometer dari Surabaya. Sedangkan jika dari arah Pasuruan dan kota-kota di wilayah “tapal kuda” bisa lewat rute Gempol – Pandaan – Prigen – Trawas – Pacet, atau bisa lewat rute Gempol – Mojosari – Pacet. Juga dari arah Malang untuk menuju Air Terjun Coban Canggu bisa lewat rute Pandaan – Prigen – Trawas – Pacet, atau lewat rute Batu – Cangar – Pacet. 

Foto By : Deni

Akses jalan untuk menuju Air Terjun Coban Canggu bisa dibilang cukup mudah baik denganmenggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Kondisi jalan juga cukup baik dan lebar. Setelah sampai di gapura pintu masuk lokasi wisata, kalau ke pemandian air panas kita belok ke kanan masih naik lagi, kalau untuk menuju Coban Canggu ini kita belok ke kiri menuju track yang menurun. 


 Foto By : Deni

Kemudian sesampainya di lokasi parkir, perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki melewati anak tangga naik turun yang jumlahnya puluhan dan melewati jalan setapak penuh kelok serta menyeberangi beberapa aliran air.  Jarak tempuh menuju air terjun Coban Canggu ini sekitar 0,5 km yang dapat ditempuh sekitar 1/2 jam tergantung dari stamina masing-masing orang, tapi tenang saja di sepanjang perjalanan tersedia gazebo-gazebo untuk beristirahat bila lelah dalam perjalanan. Dengan harga tiket masuk berkisar 7.000 yang terbilang lumayan murah, maka tidak heran kalau Air Terjun Coban Canggu selalu ramai pengunjung terutama saat libur kerja atau libur sekolah.

Foto By : Deni 


Air Terjun Coban Canggu memiliki ketinggian sekitar 70-80 meter dengan batu cadas yang berdiri kokoh dibelakangnya. Di bawah terjunan air ini terdapat kolam penampungan yang dapat digunakan untuk bermain air atau sekedar berendam. Air Terjun Coban Canggu ini berada di lereng utara Gunung Welirang pada ketinggian ± 800 meter di atas permukaan laut. Suasana di Air Terjun Coban Canggu ini sangat sejuk karena berada di daerah pegunungan dengan aliran air yang jernih sehingga menggoda setiap pengunjung untuk berlama-lama bermain air atau sekedar berfoto-foto ria.

Foto By : Deni

Demikian sedikit review dari Air Terjun Coban Canggu, Mari NGEtrip dan terus lestarikan keindahan alam dan wisata Indonesia.

0 comments:

Post a Comment