Friday, October 23, 2015

Air Terjun Dwi Warna Yang Sangat Memukau

Air Terjun Dwi Warna Yang Sangat Memukau. Assalamualaikum ­trip­-er, apa kabar? Mari NGEtrip ke Sumatera lagi, setelah sebelumnya kita bahas tempat wisata di Sumatera berupa air terjun (Baca : Air Terjun Sipiso Piso, Air TerjunTertinggi di Indonesia) yang berada di Sumatera Utara. Kali ini kita juga akan membahas air terjun di Sumatera Utara yang tidak kalah indah pemandangannya dengan Air Terjun Sipiso Piso, yaitu Air Terjun Dwi Warna atau Air Terjun Dua Warna.

Foto By : Saragih Erick

Air Terjun Dwi Warna berlokasi di Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Air Terjun Dwi Warna  ini berada di dekat kaki Gunung Sibayak. Rute untuk menuju Air Terjun Dwi Warna bila Anda dari Kota Medan jarak yang harus ditempuh menuju Sibolangit  sekitar 75 km. Lokasi dari pusat kecamatan menuju Air Terjun Dwi Warna cukup jauh. Dalam kondisi perjalanan ideal akan  memakan waktu lebih dari 3 jam. Bila Anda ingin menggunakan kendaraan umum untuk menuju lokasi Air Terjun Dwi Warna, Anda bisa menggunakan bus antar kota jurusan Kabanjahe dari Medan menuju Bumi Perkemahan Sibolangit. Akan lebih nyaman lagi jika Anda menggunakan mobil pribadi atau mobil rental untuk menuju Air Terjun Dua Warna. Setibanya di Bumi Perkemahan, Anda harus bersiap untuk penjelajahan selanjutnya. 

Foto By : Travel.Detik.com

Akses untuk masuk ke Air Terjun Dua Warna ini cukup jelas dan sudah banyak orang yang mengunjunginya, namun perjalanan menuju lokasi Air Terjun Dwi Warna sangat butuh perjuangan karena Anda harus melewati hutan lebat terlebih dahulu dengan waktu sekitar 2 hingga 3 jam. Meskipun melewati hutan lebat, Anda tidak perlu khawatir, karena di sepanjang jalan Anda akan dibantu dengan petunjuk-petunjuk arah yang sengaja diperuntukkan bagi para wisatawan demi mempermudah perjalanan Anda. Dengan jalur yang menantang, seperti tanjakan, arah menurun, juga sampai melintasi beberapa sungai kecil di dalam hutan, Anda akan merasakan NGEtrip yang sesungguhnya untuk mencapai Air Terjun Dwi Warna. Seru sekali. Seluruh tenaga Anda yang terkuras akan terbayar setibanya di objek wisata Air Terjun Dua Warna. Keindahan dan sejuknya air terjun ini akan memanjakan hasrat wisata Anda. Untuk biaya retribusi di Air Terjun Dwi Warna ini Anda akan dikenakan biaya sekitar Rp 25.000. Selain itu, mengingat jalur masuknya yang menyerupai arena petualangan di dalam hutan, Anda dapat meminta jasa pemandu wisata lokal dengan tarif Rp. 100.000,- hingga Rp. 300.000,-. Tergantung jumlah rombongan Anda.

Foto By : AnekaTempatWisata

Air Terjun Dwi Warna atau Air Terjun Dua Warna di Sibolangit ini memiliki ketinggan sekitar 75 meter. Alasan kenapa air terjun ini dijuluki Air Terjun Dwi Warna atau Air Terjun Dua Warna adalah karena air terjun ini memiliki dua gradasi warna yang berbeda. Air yang tertampung dari pancurannya di bawah berwarna putih keabu-abuan sementara air terjun yang tumpah riuh dari atas berwarna biru muda. Secara ilmiah, perbedaan warna ini disebabkan oleh airnya yang mengandung fosfor dan belerang. Dengan demikian, saat Anda tengah bermain-main di sini, Anda tidak diperkenankan untuk meminum airnya. Selain warna, suhu air terjun ini pun sangat unik. Suhu dingin pada air yang berwarna biru, dan suhu hangat pada air berwarna putih keabu-abuan. Di lokasi Air terjun Dua Warna, tidak hanya terdapat satu air terjun saja, melainkan tiga.

Foto By : marotravel

Kita dapat berenang di telaga tersebut sambil menikmati  segarnya air dan sejuknya udara di sekitar telaga Air Terjun Dwi Warna. Bila Anda ingin lebih lama menikmati keindahan alam ini, Anda bisa ngecamp di sekitar Air Terjun Dwi Warna. Yang perlu diingat adalah untuk tidak merusak alam sekitar.

Foto By : Saragih Erick 

Demikian review tentang keindahan Air Terjun Dwi Warna atau Air Terjun Dua Warna di Sibolangit Sumatera Utara. Mari NGEtrip dan terus lestarikan keindahan alam dan wisata Indonesia.

Sumber review Air Terjun Dwi Warna : gosumatra.com, disewain.com
Sumber Foto Air Terjun Dwi Warna : Saragih Erick, Google,travel.detik,marotraverl,anekatempatwisata

0 comments:

Post a Comment