Thursday, October 29, 2015

Keindahan Coban Kembar Watu Ondo, Mojokerto



Coban Kembar Watu Ondo, Mojokerto. Assalamualaikum trip­-er, Mari NGEtrip kali ini akan membahas tentang salah satu tempat wisata yang ada di Mojokerto. Kalau sebelumnya Mari NGEtrip juga sudah membahas tempat wisata di Mojokerto juga yaitu Coban Canggu ( Baca : Air Terjun Coban Canggu, Mojokerto ) sekarang yang akan kita review berupa air terjun juga yaitu Air Terjun Coban Kembar Watu Ondo.

 Foto By : Deni

Coban Watu Ondo atau dengan nama lain Coban Kembar berada di dalam kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Raden Soerjo di bawah lereng Gunung Welirang yang berbatasan antara Mojokerto dan kota Batu. Dinamakan Coban Kembar Watu Ondo karena jalan menuju air terjun sudah berupa anak tangga yang terbuat dari susunan batu-batu. Dalam bahasa jawa Watu berarti Batu, sedangkan Ondo berarti Tangga. Sedangkan dinamakan Coban Kembar karena di lokasi ini terdapat dua air terjun yang saling berhadapan namun dengan ketinggian yang berbeda.  Disebelah kanan ketinggian air mencapai 15 m dengan karakteristik air terjun berundak dengan kemiringan sekitar 75 derajat, sedangkan di sebelah kiri mencapai ketinggian kurang lebih 69 m dengan karakteristrik air terjun yang langsung jatuh ke bawah.  Kedua air terjun ini berasal dari sumber mata air yang berbeda.  Dan selanjutnya alirannya bertemu di satu telaga kecil dan cukup dangkal.

  
Foto By : Deni 
Coban Kembar Watu Ondo sendiri tepatnya terletak di di Dusun sendi, Desa Pacet, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Propinsi Jawa Timur. Rute untuk mencapai Air Terjun Coban Kembar Watu Ondo ini ada dua cara, yaitu lewat Malang (Batu) dan lewat Mojokerto (Pacet).  Bila lewat Mojokerto dari Pacet arahkan kendaraan ke arah Batu, ikuti jalan tersebut hingga ditemui papan nama Air Terjun Watu Ondo yang berada di sisi kiri jalan.  Kondisi jalan lewat jalur ini nanjak terus hingga tiba di pintu masuk. Sedangkan bila dari Malang, dari kota wisata Batu ambil arah ke Selecta atau ke arah desa Bumiaji.  Sesampainya di pertigaan Selecta ambil jalan yang lurus ke arah Cangar dan masuk ke kawasan Tahura.  Selepas dari kawasan ini kondisi jalan terus turun dengan belokan-belokan tajam.  Terus ikuti jalan ini hingga ditemui dua jembatan kembar.  Tak jauh dari jembatan ini di sisi kanan jalan  akan di temui tanda papan nama air terjun tersebut.
 
 Foto By : Deni

Setal sampai di areal parker, selanjutnya perjalanan diterusakan dengan berjalan kaki sekitar 200 m melewati jalan setapak menurun dengan kemiringan sekitar 45 derajat. Oleh petugas jalan setapak ini sudah disusun dari tumpukan batu seperti  tangga sehingga memudahkan pengunjung untuk mencapai coban.  Tidak hanya itu, di tengah perjalanan menuruni tangga juga disediakan bangku dari kayu untuk pengunjung yang lelah ketika menaiki tangga dan ingin menikmati pemandangan coban dari tempat yang lebih tinggi.

 
 Foto By : Deni

Air Terjun Coban Kembar Watu Ondo berjarak 8 km dari Kecamatan  Pacet atau 3 km arah barat dari pintu masuk Pemandian Air Panas Cangar.  Keberadaan objek wisata ini terletak  di dekat perbatasan wilayah Malang dan Mojokerto. Sekitar 200 m dari jalan raya Pacet - Mojokerto.  Kondisi jalan menuju kesana sudah berupa aspal mulus dan dapat dilalui kendaraan roda dua dan empat, akan tetapi dengan medan menanjak dan berkelak kelok. Karena lokasinya yang masih berada di daerah pegunungan maka suasana di Coban Kembar Watu Ondo ini sangat sejuk bahkan bias dibilang dingin. Untuk tiket masuk ke Coban Kembar Watu Ondo ini adalah sekitar Rp 2500 per orang atau Rp 8000 (termasuk biaya parkir). 

 
 Foto By : Deni

Sebenarnya masih ada objek yang menarik lagi terletak di bawah aliran Coban Kembar ini yang bernama Coban Teyeng (bahasa Jawa berarti berkarat).  Coban ini katanya berundak-undak dan lebih hebohnya lagi, airnya berwarna kuning seperti air berkarat.   Sayangnya, jalur kesana masih belum bisa ditempuh lewat jalur darat. Jalur kesana hanya bisa dengan menyisir sungai. Mungkin apabila tempat itu bias dikelola dengan baik akan menjadi tujuan wisata yang recommended untuk di kunjungi di Kota Mojokerto. Sekian review singkat mengenai Coban Kembar Watu Ondo. Mari NGEtrip dan terus lestarikan keindahan alam dan wisata Indonesia.

0 comments:

Post a Comment