Thursday, October 8, 2015

Menunggu Pelangi Di Coban Pelangi

Coba Pelangi,Malang. Assalamualaikum trip-er, kali ini Mari NGEtrip ingin mengajak kalian semua menikmati indahnya salah satu air terjun di Kabupaten Malang. Kalau pada posting sebelumnya kita sudah NGEtrip ke Coban Pitu yang ada di Pujon (Baca: Coban Pitu, the Great Waterfall) kali ini kita akan NGEtrip ke tempat yang tidak kalah indahnya dengan Coban Pitu, yaitu Coban Pelangi atau bahasa gaul-nya Rainbow Waterfall hehe.

Foto By : Deni

Kenapa dinamakan Coban Pelangi ? entahlah mungkin kita bisa melihat pelangi di air terjun ini (jika beruntung). Air Terjun Coban Pelangi sendiri terletak  sekitar 32 km di sebelah timur Malang, tepatnya Coban Pelangi berlokasi di  Desa Gubuk Klakah, Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur. Peta dan Koordinat GPS Coban Pelangi adalah : 8° 1' 32.27" S  112° 49' 1.06" E. Apabila trip­­-er sedang melakukan perjalanan ke Gunung Bromo (Baca: Pesona Bromo, Negeri di Atas Awan Part I dan Part II) Anda akan melewati rute ini. Rute Untuk mengunjungi Coban Pelangi yang terletak di Sungai Amprong ini, arahkan perjalanan menuju Tumpang, dilanjutkan menuju Desa Gubug Klakah. Hati-hati karena setelah melewati desa, jalan mulai menanjak dan berkelok.  Air terjun ini berada sebelum masuk pertigaan Jemplang (yaitu pertigaan menuju Gunung Semeru dan Gunung Bromo)  usai melewati Desa Gubuk Klakah disebelah kanan jalan ini akan terlihat jelas gapura bertuliskan air terjun Coban Pelangi. Perjalanan menuju Coban Pelangi dari Kota Malang kira-kira sekitar 1 jam perjalanan. Karena jalur yang dilalui merupakan jalur menuju kawasan Gunung Bromo juga, maka jalanan lumayan ramai terutama saat akhir pekan.

Foto By : Deni

Setelah memarkir kendaraan dengan biaya parkir sebesar  Rp 500 (roda 2) dan Rp 1000 (roda 4) dan membayar tiket masuk ke Coban Pelangi sebesar 3.100,-/orang, kita lanjutkan perjalanan dengan jalan kaki sekitar 1km dari pintu masuk Coban Pelangi. Perjalanan awal ini mungkin tidak terlalu berat karena jalannya yang menurun dan medannya sudah lumayan enak. Sepanjang perjalanan trip-er akan  disuguhi pemandangan lembah dan hutan yang masih alami dan juga sungai yang masih jernih airnya. Untuk mencapai lokasi Coban Pelangi, trip-er juga harus menyeberangi jembatan bambu yang membentang di atas Sungai Amprong. Tak jauh dari jembatan, suara air terjun mulai terdengar. Dan setelah sekitar 20 menit perjalanan, akhirnya sampai juga di Air Terjun Coban Pelangi. Subhanallah, indahnya alam Indonesia.

Foto By : Deni

Pemandangan Coban Pelangi sangat indah, Coban Pelangi yang berada di atas tebing setinggi sekitar 100 meter dengan debit air yang sangat keras. Hempasan airnya sangat kuat sehingga membuat area sekitar air terjun menjadi basah. Hembusannya yang menebarkan butir-butir air inilah yang menimbulkan fenomena pelangi di sekitar air terjun bila Anda beruntung. Waktu kunjungan paling pas ke Coban Pelangi adalah di pagi hari karena kabut sering muncul setelah lewat dari tengah hari. Juga pada musim penghujan pihak pengelola sering membatasi kunjungan hingga pukul 16.00.  Hal ini untuk menghindari munculnya air bah yang datang dari pegunungan di bagian hulu yang sering kali datang.


Foto By : Deni

Fasilitas di wisata Coban Pelangi ini tergolong lengkap seperti musholla, toilet, tempat parkir dan gazebo-gazebo untuk bersantai sambil menikmati pemandangan Coban Pelangi. Rute yang mudah dijangkau juga membuat wisata Coban Pelangi ini menjadi tempat wisata yang cocok untuk liburan keluarga.


Foto By : Deni

Sekian NGEtrip kali ini ke Coban Pelangi di Malang. Jaga terus keindahan alam dan wisata Indonesia, Mari NGEtrip.

0 comments:

Post a Comment