Wednesday, June 10, 2015

Tips Dan Trik Mendapatkan Foto Terbaik Saat Liburan

Tips Dan Trik Mendapatkan Foto Terbaik Saat Liburan. Assalamuaikum trip-er, Mari NGEtrip. Saat ini kurang lengkap namanya kalau NGEtrip tidak bawa kamera. Memfoto aktifitas liburan menjadi hal penting saat ini, namun seringkali kita merasa kesal dengan hasil jepretan foto saat liburan karena hasil foto tidak memuaskan dan bahkan tidak bagus. Lalu, dimana letak kesalahannya?

Foto By : Kaskus

Ketika sampai disuatu tempat banyak orang merasa hasil fotonya jelek, padahal view maupun tempat yang dipilih sudah bagus. Sebenarnya, kesalahan yang kerap terjadi adalah soal waktu, komposisi, momen serta pemakaian kamera. Hal ini, bisa membuat trip-er menjadi ilfil saat berlibur. Ada beberapa kesalahan trip-er yang kadang karena hal sepele. Berikut tips dan trik mendapatkan foto terbaik saat liburan

1. Waktu.
Foto By : Deni

Faktor pertama untuk mendapatkan foto terbaik saat liburanadalah soal waktu. Yang saya maksudkan disini soal waktu yang menentukan seorang fotografer bisa mendapatkan hasil foto yang bagus adalah lamanya fotografer tersebut disuatu tempat. mendapatkan hasil foto yang terbaik adalah persoalan lamanya waktu, Bila memiliki waktu sedikit maka Anda jangan berharap mendapatkan foto yang bagus. 

Kadang kita suka heran dengan Fotografer National Geographic atau bidang jurnalistik Word Press mereka bisa menghasilkan foto “Mahakarya” yang sangat menyentuh dan kita bisa memandang lama foto tersebut karena saking bagusnya. Kunci dalam membuat foto bagus adalah waktu, lamanya kita disuatu tempat mempengaruhi hasil yang kita buat. Perbedaan Travel Fotografer dengan Photographer seperti Natgeo adalah mereka bisa ditempat tersebut berbulan bulan lamannya. Semakin lama anda berada disuatu tempat, akan semakin banyak yang kita bisa dapat. Anda lihat foto-foto yang mendunia, dimana photographer membutuhkan waktu yang lama hingga berbulan-bulan untuk mendapatkan satu objek yang diinginkan. Lebih lama Anda memiliki spend waktu, maka hasil foto pun akan semakin bagus pula.

2. Komposisi foto.
Foto By : Deni

Disini, jika tak memperhatikan ketepatan komposisi foto maka hasil foto bisa membuat Anda kurang puas. Bagaimana sih melatih agar komposisi didalam foto kita bisa bagus, jawabnya memang harus sering berlatih, banyak melihat foto yang bagus, dan “practice makes perfect” ketika sering berlatih dan hunting, feel sense kita juga akan terlatih, bisa memberikan sentuhan karakter kita kedalam komposisi didalam foto tersebut.
Di kamera itu terdapat gambar berbentuk kotak, perhatikan bagian atas, bawah, kanan dan kiri dengan bagian atau ukuran yang sama ketika sedang foto obyek yang diinginkan. Perhatikan pula soal warna yang didapat pada kamera yang digunakan," intinya adalah banyaklah berlatih karena didalam fotografi itu guru terbaik adalah “Practice makes perfect”

3. Momen
Foto By : Kabarjhos.wordpress.com

Lalu, ada pula persoalan momen. Faktor ini sangat penting untuk mendapatkan hasil foto terbaik. "Hasil foto yang bagus adalah pada saat musim kemarau atau saat high season. Tapi, kebanyakan pada umumnya trip-er lebih mencari musim yang murah dan itu ada di low season. Hasil yang didapatkan tidak maksimal.
Jadi, kalau mau memotret bagus datanglah pada saat musim kemarau dan kering, dimana langit biru dan cuaca juga mendukung. Dijamin memotret pakai kamera smartphone pun juga hasilnya bakal bagus.

4. Bacalah buku manual kamera yang agan punya.
Foto By : Hazel.co.id

Dan tips mendapatkan foto terbaik saat liburan yang terakhir adalah soal pemakaian kamera. Faktor ini sangat menentukan hasil foto yang baik saat Anda melakukan travelling. Sekarang saya tanya, seberapa banyak sih buat anda yang membeli kamera terus membaca detail buku manualnya? Hayo jujur berapa banyak? Hehe
Anda jangan berharap mendapatkan foto yang baik ketika memakai kamera dengan tidak memahami fungsinya dengan baik dan benar, kelemahan sebagian besar orang Indonesia tuh menurut saya kurang membaca. Banyak bertanya tanpa membaca terlebih dahulu, nah ini kalau tidak memahami kamera yang kita punya. bagaimana kita bisa memotret maksimal kalau tidak membaca manual book. Banyak2lah membaca dan berlatih, dijamin engga lama bakal bisa motret foto liburan yang bagus dan gak kalah sama yang professional fotografer. Selamat liburan dan berkarya.


Sekian dulu tips dan trik mendapatkan foto terbaik saat liburan, semoga liburan agan menyenangkan dan mendapatkan hasil foto yang Nice . MariNGEtrip

Sumber : Kaskus,Barrykusuma.com

0 comments:

Post a Comment