Wednesday, December 17, 2014

Fakta Unik Tentang Gunung Lawu

Doyan Jalan - Mendaki sepertinya sudah menjadi trend di Indonesia, hampir setiap pekan gunung-gunung di Indonesia dipenuhi oleh pendaki, baik dari komunitas maupun perorangan seakan mereka punya semangat juang yang tinggi untuk menikmati eksotisnya negeri di atas awan.

View Puncak Gunung Lawu
Sunset Merah Gunung Lawu (Foto : Awan Ikhwan)
Yaps, salah satu gunung yang menarik perhatian adalah Gunung Lawu (3.265 m), gunung ini terletak di Pulau Jawa, tepatnya di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Status gunung ini adalah gunung api "istirahat" dan telah lama tidak aktif, terlihat dari rapatnya vegetasi serta puncaknya yang tererosi. Di lerengnya terdapat kepundan kecil yang masih mengeluarkan uap air (fumarol) dan belerang (solfatara). Gunung Lawu mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan hutan Ericaceous. Gunung Lawu adalah sumber inspirasi dari nama kereta api Argo Lawu, kereta api eksekutif yang melayani Solo Balapan-Gambir.

Gunung Lawu memiliki tiga puncak, Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah. Yang terakhir ini adalah puncak tertinggi.

Keindahan Puncak Gunung Lawu
Puncak Lawu (Foto : Awan Ikhwan)
Hemm.. tapi tentunya ada hal menarik lain dari Gunung Lawu, berikut adalah fakta unik tentang Gunung Lawu.
    1. Lawu dikenal dengan sunset merah
    2. Bagi orang khasaf lawu disebut kerajaan di atas awan
    3. Terdapat air sendang drajad yang konon air tersebut kalo kita basuh ke muka bisa enteng jodoh & rejeki
    4. Tempatnya orang pesugihan, di perjalanan bisa menemukan pocong-pocongan yang digantung di pohon dan bisa menemukan orang kalau pulang habis pesugihan kedua tangannya di belakang seperti orang yang sedang menggendong.
    5. Selain sunset dan sunrise yang indah, di puncak lawu kamu bisa menikmati  pecelnya Mbok Yem yang nyoss..
    PUNYA FAKTA UNIK LAIN SEPUTAR LAWU ? SILAHKAN TAMBAHKAN DI KOLOM KOMENTAR !

    0 comments:

    Post a Comment